Pesantren UII Raih Juara Umum Festival Timur Tengah 2015

Pesantren UII Raih Juara Umum Festival Timur Tengah 2015

posted in: Berita | 0

Jumat malam (17/4), merupakan malam bersejarah bagi kontingen Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia (UII) yang mewakili UII dalam ajang Festival Timur Tengah (FTT) di Universitas Indonesia Depok. Kontingen yag terdiri dari Hanif Rahmat, Ahmad Musaddad  Husain, Saiful Aziz, Tiyas Kurnia Sari, Wafa’,  Siti Annisa Rahmayani, Muhammad Alim Hanafi dan Tubagus Sukron Tamimi (official) berhasil menyabet gelar juara umum kategori mahasiswa untuk pertama kali sejak FTT diadakan pada Tahun  2009.

Sebagaimana diketahui, Festival Timur Tengah (FTT) merupakan festival kebudayaan tahunan tingkat nasional yang diadakan oleh Ikatan Keluarga Asia Barat (IKABA) Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Arab Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI). Mengambil tagline “Harmoni Irama Padang Pasir“,  FTT ke-6 kali ini menyuguhkan berbagai acara dan perlombaan, diantaranya Teater Amal, Seminar Musik Timur Tengah, Screening Film Timur Tengah, Arabian Scholarship, Career Expo, Lomba Pidato, Lomba Musikalisasi Puisi, Lomba Makan Kebab, Lomba Kaligrafi, Lomba Essay, Lomba Menyanyi Arab, dan  Stand Up Comedy.

Riuhnya acara FTT sebenarnya sudah tercium sejak festival ini dibuka secara resmi oleh Dekan FIB UI, Dr. Adrianus L.G. Waworuntu, M.A. yang langsung disambut tepuk tangan meriah oleh beberapa Duta Besar dan perwakilan negara-negara kawasan Timur Tengah, perwakilan PEMDA Depok, segenap sivitas akademik FIB UI serta 18 kontingen universitas se-Indonesia.

Dalam 4 hari jalannya acara, persaingan kompetisi nampak begitu kuat. Hal ini dibuktikan dengan ramainya setiap perlombaan dengan sorak-sorai suporter tiap  kontingen hingga membuat panitia harus menenangkannya. Menurut salah seorang panitia acara, terkait dengan  perebutan juara umum kategori mahasiswa. UII sebenarnya bersaing ketat dengan UI, UNPAD, dan Universitas Trunojoyo. Namun, lantaran semua kontingen Pesantren UII tampil cukup  bagus, hal ini menjadikan nilai kumulatif Pesantren UII tertinggi. Dimana koefisien nilai tertinggi disumbangkan oleh tim debat pesantren UII yang diwakili Saiful Aziz (FIAI), Tiyas Kurnia Sari (FE), Wafa’ (FPSB),  yang menjadi juara 1 kategori Debat , kemudian Hanif rahmat (FMIPA) Juara 3 Essay disusul Ahmad Musaddad Husain (FE), Muhammad Alim Hanafi (FTSP), dan Siti Annisa Rahmayani (FIAI).

Disisi lain, Tiyas begitu biasa dipanggil, menyambut bahagia kemenangan ini. Mahasiswi Program Studi Akuntansi International Program 2014 ini berujar bahwa kemenangan sebenarnya bukanlah tujuan utama dalam mengikuti festival ini, namun lebih kepada sebuah kesempatan untuk mengasah dan mengukur kemampuan dalam berbahasa arab. Namun apabila ada kemenangan yang di dapatkan itu adalah buah manis dari usaha tulus yang telah diupayakan. Selain itu, Saiful Aziz selaku ketua kontingen mengungkapkan ucapan trimakasih kepada pihak Rektorat, Dekanat, Pondok Pesantren UII, Serta pihak-pihak yang mendukung secara materil maupun moril.

 

(Pesantren UII)