Sabtu, 24 Oktober 2020. Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia sukses mengadakan Seminar Nasional yang dihadiri oleh lebih dari 200 peserta. Seminar nasional yang bertemakan “Peran Universitas Islam Indonesia dalam Dakwah Islam di Indonesia” ini masih merupakan rangkaian acara Moslem Youth Competition (MYC) 2020, yang sudah  menjadi agenda tahunan Pondok Pesantren UII untuk menyemarakkan peringatan Hari Santri Nasional. Selain dihadiri oleh al-Ustadz Dr. Drs. H. Asmuni Mth., M.A selaku Direktur Pondok Pesantren dan al-Ustadz Fuat Hasanudin, Lc., M.A selaku pengasuh Pondok Pesantren UII Putri, acara ini juga turut menghadirkan Dr. Drs. H. Rohidin, M. Ag selaku Wakil Rektor Universitas Islam Indonesia Bidang Kemahasiswaan, Keagamaan, dan Alumni sebagai narasumber. Meskipun dilaksanakan secara online, melalui zoom Alhamdulillah seminar tetap bisa berjalan secara khidmat.

Al-Ustadz Dr. Drs. H. Asmuni Mth., M.A, dalam pembukaan seminar menyampaikan bahwa Universitas Islam Indonesia memiliki tanggung jawab kebangsaan, keummatan, dan keilmuan yang mana ketiga hal tersebut mengandung amanah dakwah Islam yang luar biasa. Dakwah UII, dirumuskan dengan konsep minal ishlah ila-l i’tida, yaitu dari reformasi menjadi moderasi yang dibingkai dengan spirit rahmatan lil ‘alamiin dan ulil al-bab. Harapannya, Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia, mampu mensupport UII dalam menjalankan misi dakwah untuk meluaskan nilai-nilai Islam ke seluruh lapisan masyarakat melalui peran santri dan lulusannya.

Bapak Dr. Drs. H. Rohidin, M. Ag, juga turut menjelaskan perjalanan sejarah dan kontribusi UII untuk masyarakat. Beliau menyampaikan bahwa Universitas Islam Indonesia memiliki spirit Indonesia dan keIslaman sehingga tujuan UII harus sesuai dengan tujuan Indonesia yaitu memajukan kehidupan bangsa. Indonesia di UII bukan hanya bermakna tempat, namun juga sikap, begitupula dengan nilai Islam yang telah menjadi spirit UII dalam menjalankan dakwah Islam di Indonesia.

Universitas Islam Indonesia dengan segala kelebihan dan kekurangannya terus berusaha untuk meneruskan cita-cita pendiri, mengintegrasikan agama dan sains dengan terus mengasah semangat keilmuan dan semangat sosial. Dari sekian banyaknya tokoh alumni, beberapa figur  yang bisa diteladani jejak dan kiprahnya adalah Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U., M.I.P, Busyro Muqoddas, S.H., M. Hum hingga Dr. Suparman Marzuki, S.H., M.Si. Beliau telah menjadi bukti bahwa UII mampu melahirkan tokoh perubahan dan penggerak untuk mendorong kemajuan bangsa. Oleh karena itu, UII sangat berharap kepada Pondok Pesantren UII agar mampu berperan lebih eksis untuk mengambil bagian dari cita-cita Bung Hatta,  pendiri UII dengan terus memberikan pendidikan dan perbekalan sebaik-baiknya untuk para santri.

Setelah rangkaian acara seminar nasional selesai, dilanjutkan dengan pengumuman finalis lomba Moslem Youth Competition (MYC) 2020 dengan rincian sebagai berikut:

 

NO

Nama Finalis

Kategori Lomba

Asal Sekolah

Judul Karya

1. Muhammad Shandy Winata Poster SMK Negeri 1 Krangkeng  
2. Fatihatul Khasanah Poster MAN 2 Klaten  
3. Khoirunnisa Azzzahro Poster Pesantren Islam al-Irsyad  
4. Muhammad Wahyuda Ilham Poster MAN 2 Mataram  
5. Septi Risqi Mauliniyah Poster MAN 4 Jombang  
6. Saifa Adila Poster MAN 1 Jombang  
7. Ghifari Raihan Arafah Essay MAN Insan Cendekia Jambi KH. Hasyim Asy’ari: Acuan Dakwah Islamiyah dalam Mengoptimalkan Catur Dharma
8. Egi Nugraha Essay SMK al-Huda Sadananya Optimalisasi Catur Dharma dalam Membangun Bangsa
9. Annisa Sabila

Marchella Alifian Lestiawan

Essay SMAN 2 Surakarta Realisasi Terhadap Perkembangan IPTEK Negeri Melalui Aplikasi Scriber yang Rahmatan Lil’Alamiin Memberi Kemudahan dalam Riset di Pandemic Era
10. Dini Rahma

Devi Ridho

Yonica Nandarista

Essay SMAN 1 Badegan Anak UII PANDAI (Analisis Upaya Universitas Islam Indonesia Hadapi Pandemi Ala Islami)
11. Sulthonniyah Yaumi Essay SMAN 2 Jombang Peran UII dalam Recovery UMKM Melalui Implementasi Rahn di Masa Pandemi Covid-19
12. Rahayu Kartika Sari Essay SMAN 2 Jombang Peran UII dalam Merehabilitasi Kesehatan Mental di Masa Pandemi Covid-19

 

Seluruh finalis, selanjutnya akan mengikuti sesi final yang akan diselenggarakan pada tanggal 1 November 2020. InshaAllah, babak final akan tetap diselenggarakan secara daring mengingat kondisi yang belum kondusif di tengah pandemi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *