Hidayatun Nafiah

Covid-19 membawa dampak secara nyata baik dari segi ekonomi, pendidikan, infrastruktur, transportasi, dan sebagainya. Revitalisasi bidang-bidang tersebut memiliki urgensi yang sangat besar dalam penerapan new normal. Tulisan ini akan membahas 2 hal penting terkait new normal yang tidak hanya memeperbaiki situasi melainkan merubah kondisi yang biasa-biasa saja menjadi hebat. Dikutip dari perkataan rektor UII Fathul Wahid, “ ‘Lawan kata’ dari hebat bukanlah tidak hebat atau buruk melainkan baik. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenkan suatu pribadi, organisasi, ataupun individu yang merasa sudah baik maka akan jauh dari kata hebat” Demikian pula untuk mengawali new normal, dibutuhkan karakter yang hebat karena baik saja tidak cukup. (UII, 2020)

Hal yang pertama adalah system thinking yang subsistemnya berupa growth mindset.  System thinking adalah suatu disiplin untuk melihat sesuatu secara keseluruhan bukan secara parsial, bertujuan untuk mempelajari pola perubahan (dinamika) bukan statis serta untuk memahami kesalingterkaitan di antara banyak elemen dalam sistem yang didefinisikan. Para ahli hikmah mengatakan, systems thinking ialah suatu pendekatan yang holistik sifatnya dalam memahami fenomena. Fokus Dalam systems thinking bukan  lagi elemen-elemen kecil yang saling terpisah melainkan keseluruhan himpunan besar dari bagian-bagian lebih kecil dan bagaimana bagian itu saling berinteraksi dan berkaitan. Systems thinking lebih merupakan cara pandang kita terhadap dunia dan sebuah proses pemahaman tentang bagaimana satu hal memengaruhi hal lain dari suatu keseluruhan yang besar. Sebagai sebuah cara pandang, dia tak ubahnya model untuk memperkaya analisis kita terhadap kesalinghubungan antara bagian dari sistem kehidupan besar sehingga siapa pun yang mampu menyelami hikmah di balik peristiwa, mampu menemukan potensi yang ada sehingga dapat menciptakan putusan lebih bijak menghadapi berbagai persoalan. (Yuli, 2020)

Hal yang kedua adalah Process Reengineering atau proses mendesain ulang. Merekayasa ulang sebuah bisnis denngan cara yang sistematis bukan hanya memperbaiki, tetapi mendesain ulang segala hal yang ada agar ada perubahan yang terjadi secara drastis baik dari segi biaya yang lebih hemat, produksi lebih cepat, dan lain sebagianya dengan mentransformasi semua aspek yang ada (Cahyo, 2020) Dilansir dari weforum.org dalam isu global tahun 2020 terdapat isu the great reset, yakni meriset ulang tatanan yang ada. The great reset adalah cara baru untuk keberlangsungan hidup di tengah adanya The Great Reset menjadi popular sejak buku yang ditulis Richard Florida, professor di Universitas Toronto, yang juga pendiri Citylab. Dalam bukunya, “The Great Reset: How the Post Crash Economy Will Change the Way We Live and Work” yang terbit pada 2011, Richard Florida menggambarkan bagaimana krisis selalu menciptakan peluang (Weforum, 2020).

Dua hal system thingking dan rocess Reengineering memiliki urgensi yang nyata untuk mempersiapkan new normal dengan sungguh-sungguh. System thingking diperlukan karena darinya akan tumbuh growth mindset yang akan membawa pada ide cemerlang dan sebuah keoptimisan dalam berfikir. Process Reengineering juga diperlukan terutama dalam bidang eknomi karena terikat kuat dengan isu the great reset yang saat ini situasinya relevan di mana saja telebih dalam krisis ekonomi yang disebabkan pandemi covid 19. Reset, artinya mengatur ulang, semuanya secara penuh dan struktural. Jadi, hakikat new normal bukan saja kegiatan dengan teknis protokol kesehatan, mall, bisokop dibuka kembali, tetapi juga mengenai hal-hal yang bersifat futuristik dan berjangka panjang. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka

 

Cahyo, N. W. (2020, Juni 26). Keahlian Manajemen Industri Webinar. Sleman, Jogja, Indonesia.

UII. (2020, Juni 27). Membuat Perusahaan dan Organisasi Menjadi Hebat. Retrieved Juli 12, 2020, from uii.ac.id: https://www.uii.ac.id/membuat-perusahaan-dan-organisas-menjadi-hebat/

Weforum. (2020, Juni  21). Realizing a ‘Great Reset’ for Sustainable Development. Retrieved September 28, 2020, from weforum.org: https://www.weforum.org/events/sustainable-development-impact-summit-2020

Yuli, R. (2020, Juni 26). Reengineering your Business Process . Sleman, Jogja, Indonesia.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *