PP UII Selenggarakan Wisuda Santri dan Halalbihalal 2024

Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia (PP UII) melaksanakan Wisuda dan Halalbihalal keluarga besar PP UII. Sejumlah 12 santri dan 14 santriwati angkatan 2019 diwisuda pada acara yang digelar pada Rabu (1/5) di Auditorium Prof. K.H. Abdul Kahar Muzakkir, Kampus Terpadu UII, Kaliurang tersebut. Agenda turut dihadiri oleh Dr. Drs. Rohidin, S.H., M.Ag. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Keagamaan & Alumni, serta segenap pengelola, dosen, dan santri PP UII. 

Dalam sambutannya, Dr. Rohidin menyatakan bahwa lulusan UII harus bersiap menghadapi tantangan di era disrupsi. Selain memaparkan sejumlah pesan dalam melalui momentum tersebut, beliau mengaku bangga dengan lulusan PP UII yang telah memiliki bekal yang mumpuni untuk menghadapi tantangan tersebut.

“Kepada mahasiswa yang telah lulus untuk menjaga kompetensi Anda dengan baik, menjaga soft skill Anda dengan baik agar Anda bisa adaptif, agar Anda bisa berkompetisi di dunia kerja,” pesannya.

Senada, Prof. Dr. Drs. Tamyiz Mukharrom, M.A., Direktur Pondok Pesantren UII, mengungkapkan rasa kagum atas keberhasilan para santri sebab berhasil meraih cum laude saat prosesi wisuda. Prof. Tamyiz turut memberi pesan agar menjaga ruh santri, yakni jihad menimba ilmu dan ikhlas mengabdi. 

“Kalau kita ikhlas mengabdi, tidak mempedulikan dan semuanya, insyaallah, Allah pasti akan bantu dan itu puncak titik berkahnya,” tuturnya.

Acara dimulai dengan upacara wisuda Santriwan yang disematkan langsung oleh Ust. Dr. Suyanto, S.Ag., M.S.I., M.Pd. selaku Pengasuh Pondok Putra dan Ust. Tajul Muluk, S.Ud., M.Ag. selaku Pengasuh Pondok Putri. Lebih lanjut, kegiatan juga diisi dengan sambutan perwakilan wali santri yang disampaikan Bapak Miftahul Arifin. Di samping mengungkapkan rasa terima kasih dan mohon rida atas ilmu yang diajarkan, beliau pula menyampaikan permohonan maaf dan harapan agar para lulusan mencapai kesuksesan yang diharapkan.

Selain itu, agenda dilanjutkan dengan penyampaian ucapan perpisahan dari perwakilan angkatan oleh Muhammad Adhimastya, S.H. Pada pidatonya, Adhimastya membahas soal hakikat Pengabdian, kegiatan pascastudi selama setahun yang wajib dilakukan oleh santri PP UII. Menurutnya, kesempatan mengabdi menjadi bentuk pencarian berkah dan hormat kepada ilmu yang kita miliki. Ia juga berpesan agar segenap santri PP UII dapat menjadi insan yang bermanfaat.

“Percayalah pada takdir Tuhan yang telah digariskan. Tetap semangat dan teruslah berusaha menjadi versi yang terbaik, sehingga menjadi ucapan yang baik bagi orang orang setelah kita,” ujarnya.

Selain wisuda, acara turut meliputi sesi Seminar Ilmiah bertajuk “Problematika Hukum Keluarga di Indonesia”. Disampaikan oleh Muhammad Ainun Najib, S.H., M.H., alumni PP UII angkatan 2012 yang berprofesi sebagai Hakim Peradilan Agama, penghujung acara ditutup dengan sesi Halalbihalal dengan keluarga besar PP UII. (MFM/JRM)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *