Program Beasiswa

Mahasiswa Unggulan

Program beasiswa Mahasiswa Unggulan Pondok Pesantren UII dikhususkan bagi Mahasiswa/I program studi jenjang S1 semua fakultas kecuali Fakultas Kedokteran dengan kuota penerimaan maksimal 16 putra 14 putri. Peserta yang diterima wajib mengikuti system pendidikan dan melaksankan kegiatan yang diterapkan oleh Pondok Pesantren UII. Beasiswa yang diperoleh bagi peserta yang lolos seleksi dan diterima di Pondok Pesantren UII adalah pembebasan biaya studi yang meliputi SPP, sumbangan Catur Dharma, Biaya Lembaga Kemahassiswaan, praktikum, KKN, dan biaya wisuda, serta pembebasan biaya pondokan dan fasilitasnya.

l

Persyaratan Masuk

Dokumen yang diperlukan adalah:

  1. SK Rektor yang menunjukkan bahwa telah diterima sebagai mahasiswa UII dari salah satu jalur seleksi, baik melalui CBT, PBT maupun PSB.
  2. Fotokopi ijazah SMA/MA/SMK atau sederajat yang telah dilegalisir (bagi yang sudah memperoleh ijazah dari Pemerintah)
  3. Nilai rata-rata rapor minimal 8,5 dan UAN minimal 7 yang dibuktikan dengan fotokopi rapor kelas XII dan fotokopi nilai UAN (bagi yang sudah ada), masing-masing telah dilegalisasi.
  4. Sertifkat TOEFL/TOAFL dengan skor minimal 450.
  5. Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) dari sekolah asal atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari POLRI.
  6. Surat Rekomendasi dari tokoh masyarakat atau pimpinan pondok pesantren setempat yang menunjukkan calon berkelakuan berakhlak baik dan aktif beribadah.
  7. Piagam/Sertifkat/Surat Keterangan yang menunjukkan prestasi dan keaktifan organisasi.
  8. Fotokopi Akte Kelahiran yang membuktikan usia maksimal 21 tahun.
  9. Surat keterangan sehat dari dokter.
  10. Menulis Essay dengan Judul :   a) Sukses terbesar dalam hidupku    b) Peranku untuk umat

Calon mengisi formulir pendaftaran secara online yang dapat diakses di website https://pesantren.uii.ac.id/psb serta mengupload semua dokumen persyaratan selama masa pendaftaran masih dibuka. Bagi calon yang lolos seleksi berkas, diwajibkan datang saat Ujian Masuk Pesantren (Tulis dan Wawancara: Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Psikotes dan Kepesantrenan) dengan membawa Kartu Ujian yang disediakan di website pesantren

l

Tempat dan Jadwal

Ujian Masuk Pesantren dilaksanakan di Gedung Kuliah Umum lantai 2 Kampus Terpadu UII, Jalan Kaliurang, KM. 14, 5 Sleman Yogyakarta . Regitrasi dan seleksi diselenggarakan sesuai jadwal berikut:

Gelombang 1

Pendaftaran                             : 11 Maret – 24 April

Pengumuman Lolos Seleksi    : 27 April

Ujian Masuk Pesantren            :  3 – 4 Mei

Pengumuman Hasil Ujian         : 20 Mei

Gelombang 2

Pendaftaran                             : 15 Juni – 15 Juli

Pengumuman Lolos Seleksi   : 20 Juli

Ujian Masuk Pesantren           : 27 – 28 Juli

Pengumuman Hasil Ujian       : 4 Agustus